Sabtu, 03 September 2016

Menjadi Seorang Psikolog

Haloo!! Diblog gua kali ini, gua pengen bahas sesuatu yang berbau Psikologi. Kalian pasti udah gak asing sama yang namanya Psikolog kan? Mungkin banyak juga yang bercita-cita menjadi seorang Psikolog. Menjadi seorang psikolog itu gak mudah guys. Karena seorang Psikolog harus mempunyai sifat yang mandiri dan tenang dalam menghadapi sesuatu.


Psikolog sendiri mempunyai arti seseorang yang ahli dalam bidang praktik psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental. Menjadi seorang Psikolog itu perlu waktu beberapa tahun untuk menyelesaikan pendidikan dan pelatihan khusus, tak jarang pula itu membutuhkan waktu selama 10 tahun. Makanya kalian tak begitu tertarik dan punya sifat panikan jangan mengambil Psikologi dalam jurusan jika kalian tidak mampu.

Kalian tau tidak apa saja yang dikerjakan oleh seorang Psikolog? Pekerjaan yang dilakukan seorang Psikolog adalah menginvestigasikan tentang perilaku atau sikap manusia, mempelajari bagaimana cara mereka belajar, mempelajari bagaimana mereka berpikir, dan bagaimana manusia mengembangan emosi dalam bersosial. Seorang Psikolog juga harus bisa menyelesaikan masalah yang ia dapat dari semua kliennya, entah itu tentang trauma berkepanjangan, gangguan mental, masalah kekerasan, ataupun mempunyai perilaku ganda. Jadi seorang Psikolog itu kalian harus berani gagal supaya kalian bisa mempelajari letak kekurangan atau ketidaktahuan kalian tentang masalah yang kalian gagal hadapi. Jika kalian belum gagal tandanya kalian belum menjadi seorang Psikolog hebat.

Psikolog bekerja dengan kemampuan untuk mendiagnosa, dengan berorientasi, dengan membuat rencana pasien dan mengikutinya dengan perlakuan kognitif, serta dengan pembelajaran dan gangguan mereka. Profesi Psikolog sendiri bisa membuat orang yang mengambil pekerjaan ini menjadi seorang pendengar yang baik bagi kliennya. Seorang Psikolog juga harus tau tentang perawatan kesehatan, hak-hak pasien, sebuah protokol, larangan dan yang lainnya. Tapi kalo kalian pengen jadi seorang Psikolog jangan terlalu memaksakan diri untuk membantu pasien, ingatlah kesehatan diri sendiri dahulu termasuk pola makan atau yang lainnya.

Kriteria Seorang Psikolog:

   1. Psikolog Otodidak
       Psikolog Otodidak adalah seorang Psikolog yang belajar dengan caranya sendiri tanpa bimbingan seorang Psikolog Ahli dan biasanya dia mencari tahu dari buku maupun juga minta berdialog dengan seorang ahli. Kemudian pengetahuan yang didapat dari buku-buku itu dipraktekan dalam suatu masalah yang dihadapi dirinya sendiri. Dia juga mendengarkan masalah yang ada pada teman, keluarga, bahkan orang asing dari situ dia bisa memberi masukan ataupun bimbingan.
   2. Psikolog Ahli
       Psikolog Ahli adalah seorang Psikolog yang cara memperoleh ilmu kepsikologiannya dari mengambil jurusan disuatu kuliah. Jadi mereka itu tuh harus secara akademik. Pembelajarannya akan bertahap, biasanya dalam pembelajaraan mereka bakalan melakukan diskusi tentang cara penanganan agar bisa dievaluasi oleh dosennya

Jenis-jenis Psikolog:

   1. Psikolog Klinis
       Dalam bidang ini, sang Psikolog harus mempelajari seluk beluk penilaian psikologis dan mengobati pasien dari berbagai usia dan jenis menggunakan teknik psikoterapi.
   2. Psikolog Forensik
       Dibidang ini Psikolog berada diantara psikologi dan hukum. Psikolog Forensik dapat bekerja dalam penangan karyawan, hak asuk anak, dan menilai mental seseorang.
   3. Psikolog Anak
       Psikolog ini mengatasi sebuah masalah anak dan keluarga dalam bidang apapun.
   4. Psikolog Profesional Sekolah
       Dia bekerja langsung kelapangan untuk menghadap anak-anak untuk mengobati perilaku dan emosionalnya, tapi tentu juga bekerjasama dengan guru dan administrasi pendidikan. Ia pun juga bekerja untuk Peningkatan pendidikan dan kinerja siswa.
   5. Neuro Psikolog
       Psikolog satu ini lebih memilih banyak bekerja didalam labolatorium. Dia mempelajari aspek fisik dari otak dan bagaimana mereka memengaruhi perilaku dan emosi.

NAH! Dari semua itu kalian mau milih yang mana? Itu semua bermanfaat dan juga seru tau! Selain menambah pengalaman, menjadi Psikolog ini bisa juga nambah temen lho! Pasti seru

Sekarang, kalian yang mau jadi Psikolog punya usaha sama modal apa aja? Pasti banyakkan? Sekarang gua mau ngasih tau modal utamanya nih.

Modal Utama Psikolog:

   1. Kalian itu harus mempunyai kesabaran yang tinggi
   2. Kalian harus bisa jadi pendengar yang baik
   3. Mengetahui cara pendekatan dengan berbagai karakter pasien
   4. Buat banyak pengalaman
   5. Dibekali ilmu-ilmu sosial atau psikologi lainnya

Segitu dulu kawan! Sampai ketemu lagi. Makasih!

0 komentar:

Posting Komentar