Kamis, 01 September 2016

Pilihan Jadi Orang Sukses

Hai Semua! Kali ini gua mau ngasih tau kalian yang masih bingung mau masuk SMA jurusan apa atau Kuliah bidang apa. Terkadang kalian bingung kan mau masuk apa atau nanti kedepannya gimana? Apalagi kalian harus liat nilai dulukan. Ini saran dari gua semoga bermanfaat yaa..


1. Sekarang gua mau nanya, kalian milih jurusan apa buat masuk SMA? Jangan ragu bahkan sampai main gengsi-gengsian kalau mau masuk jurusan mana. Dari IPA sama IPS kalian suka yang mana? Dari dua jurusan itu kalian pilih dari yang kalian suka, jangan yang kalian gak suka. Karena kalo gak niat itu kalian males belajar. Selain niat sama kemauan, kalian harus yakin dan bisa tanggung jawab sama jurusan yang kalian pilih. Tapi kunci dari itu semua kalian harus ada usaha, jangan karena kalian mau masuk jurusan IPS nilai kalian, kalian buat jelek. Karena pada umumnya nilai untuk masuk jurusan IPA lebih tinggi dari nilai IPS.

2. Kalo kalian udah lulus SMA, kalian ada yang milih kuliah ada yang milih langsung kerja. Cuma sekarang gua mau bahas yang kuliah aja. Kalo yang dulu SMA milih jurusan IPA, kalian bisa masuk dalam jurusan apa aja, tapi harus tetep ada niat. Kalo yang dulu SMA milih jurusan IPS, kalian hanya bisa masuk ke jurusan Ekonomi atau Sosial.

3. Kalo kalian mau sekolah keluar negeri, kalian juga bisa, asalkan niat dan usaha kalian ada. Pasti kebanyakan dari kalian mau dapet beasiswa keluar negeri kan? Jika diluar negeri hanya menggunakan tes wawancara untuk mendapatkan beasiswa. Dalam wawancara itu, kalian hanya diminta atau ditanyai alasan kalian kenapa ingin sekolah keluar negeri. Kalian tidak akan lulus tes jika kalian hanya menjawab karena kalian tertarik belajar dinegara lain, cari alasan lain yang lebih bermanfaat. Beda lagi dengan Indonesia, menggunakan tes tertulis dan wawancara. Di tes tertulis, kalian akan ditanya beberapa tentang ilmu pengetahuan dan lainnya. Di tes wawancara, kalian akan di tes kemampuan berbahasa inggris kalian dan ditanyakan alasan.

 Nah dari semua itu, gua cuma pengen ngasih tau, kalian jangan memilih suatu jurusan karena terpaksa atau saran dari orang lain termasuk orangtua kalian. Kalian masuk ke jurusan yang kalian paling senangi, jangan hanya setengah-setengah tapi benar-benar menyukai bidang tersebut. Kalo kalian belum tau kalian mau jadi apa, tentukan dari sekarang, rencanakan dari sekarang. Kalo kata om gua, orang yang gak tau atau yang minta saran harus masuk jurusan mana, itu orang kasian. Jadi, cari jati diri kalian mulai dari sekarang, jangan hanya karena orang lain kecuali kalian termotivasi dari orang itu. Kalo kalian punya niat dan usaha, gua yakin kalian jadi orang sukses.

Segitu dulu hal yang gua kasih tau. Maaf kalo gua salah ngomong atau typo. Makasih semua!

0 komentar:

Posting Komentar